Manajemen Proyek Perangkat Lunak Tugas 1
1. a. Software Process adalah Pendekatan sistematis yang digunakan dalam
rekayasa perangkat lunak serta merupakan sebuah aktifitas terurut yang menuju
kepada produksi dari pembuatan produk rekayasa perangkat lunak.
Dalam software process
terdapat beberapa model, yaitu:
·
Waterfall, Model ini adalah model yang
pertama kali muncul pada tahun 1970an diperkenalkan oleh Winston W. Royce.
Model ini memisahkan fase spesifikasi dengan fase pengembangan.
Ada 5 proses penting dalam model Waterfall:
1. Requirement analysis and definition (analis kebutuhan)
2. System and software design (perancangan sistem dan software)
3. Implementation and unit testing (implementasi dan testing)
4. Integration and system testing (integrasi dan pengujian sistem)
5. Operation and maintenance (operasi dan perawatan)
Ada 5 proses penting dalam model Waterfall:
1. Requirement analysis and definition (analis kebutuhan)
2. System and software design (perancangan sistem dan software)
3. Implementation and unit testing (implementasi dan testing)
4. Integration and system testing (integrasi dan pengujian sistem)
5. Operation and maintenance (operasi dan perawatan)
·
RAD (Rapid Application Development),
Rapid Application Development (RAD) adalah sebuah strategi pengembangan sistem
yang menekankan kecepatan dalam pengembangan melalui keterlibatan pengguna
dalam pembangunan secara cepat, iteratif, dan incremental dari suatu
serangkaian prototype dari suatu sistem yang dapat berkembang menjadi suatu
sistem akhir atau versi tertentu.
·
Prototyping Model,
Pada model ini, user berperan aktif dalam pembuatan software. model ini
digunakan apabila developer kesulitan dalam pengumpulan kebutuhan dan user juga
tidak dapat menggambarkan software yang diinginkannya, atau dimana user sering
menambah dan mengubah apa yang diinginkannya.
b. Software Product adalah sistem perangkat lunak
beserta dokumentasinya yang menjelaskan prosedur penyiapan dan penggunaan
perangkat lunak tersebut.
Tipe produk perangkat lunak dibedakan menjadi
2 yaitu :
a) Produk Generik : Sistem
stand-alone standar yang diproduksi oleh organisasi pengembang dan dijual ke
pasar terbuka ke siapapun yang membelinya. Biasa disebut sebagai software
sbrink-wrapped. Contoh : pengolah kata (word processor).
b) Produk pesanan (yang
disesuaikan) : Sistem yang dipesan oleh pelanggan tertentu. Dikembangkan khusus
bagi pelanggan oleh kontraktor perangkat lunak. Contoh : Sistem untuk mendukung
proses bisnis tertentu dan sistem kontrol lalu lintas udara.
Perbedaan penting antara
tipe-tipe perangkat lunak :
a) Pada produk generik,
organisasi yang mengembangkan perangkat lunak mengontrol spesifikasi perangkat
lunak.
b) Pada produk pesanan,
spesifikasi biasanya dikembangkan dan dikontrol oleh organisasi yang membeli
perangkat lunak tersebut.
3.
Team yang
terlibat meliputi :
a.
Coding:
Membuat atau refactoring code
b.
Documentation:
Membuat dan memperbaiki dokumentasi
c.
Outreach:
Manajemen komunitas dan pemasaran
d.
Quality
Assurance: Testing dan memastikan source code berkualitas tinggi
e.
Research:
Mempelajari masalah tertentu dan memberikan alternatif solusi
f.
Training:
Membantu yang lain untuk belajar
g.
Translation:
Menerjemahkan perangkat lunak
h.
User
interface: Meneliti respon pengguna atau mendesain antar muka
i.
Architect
: perancangan dan struktur bagian-bagian aplikasi
yang akan dibuat
j.
Designer : seseorang
yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman aplikasi
Komentar
Posting Komentar