Manajemen Proyek Perangkat Lunak Tugas 1




      1. a. Software Process adalah Pendekatan sistematis yang digunakan dalam rekayasa perangkat  lunak serta merupakan sebuah aktifitas terurut yang menuju kepada produksi dari pembuatan produk rekayasa perangkat lunak.
Dalam software process terdapat beberapa model, yaitu:
·         Waterfall, Model ini adalah model yang pertama kali muncul pada tahun 1970an diperkenalkan oleh Winston W. Royce. Model ini memisahkan fase spesifikasi dengan fase pengembangan.
Ada 5 proses penting dalam model Waterfall:
1. Requirement analysis and definition (analis kebutuhan)
2. System and software design (perancangan sistem dan software)
3. Implementation and unit testing (implementasi dan testing)
4. Integration and system testing (integrasi dan pengujian sistem)
5. Operation and maintenance (operasi dan perawatan)
·         RAD (Rapid Application Development), Rapid Application Development (RAD) adalah sebuah strategi pengembangan sistem yang menekankan kecepatan dalam pengembangan melalui keterlibatan pengguna dalam pembangunan secara cepat, iteratif, dan incremental dari suatu serangkaian prototype dari suatu sistem yang dapat berkembang menjadi suatu sistem akhir atau versi tertentu.
·         Prototyping Model, Pada model ini, user berperan aktif dalam pembuatan software. model ini digunakan apabila developer kesulitan dalam pengumpulan kebutuhan dan user juga tidak dapat menggambarkan software yang diinginkannya, atau dimana user sering menambah dan mengubah apa yang diinginkannya. 
b. Software Product adalah sistem perangkat lunak beserta dokumentasinya yang menjelaskan prosedur penyiapan dan penggunaan perangkat lunak tersebut.
Tipe produk perangkat lunak dibedakan menjadi 2 yaitu :
a)      Produk Generik : Sistem stand-alone standar yang diproduksi oleh organisasi pengembang dan dijual ke pasar terbuka ke siapapun yang membelinya. Biasa disebut sebagai software sbrink-wrapped. Contoh : pengolah kata (word processor).
b)      Produk pesanan (yang disesuaikan) : Sistem yang dipesan oleh pelanggan tertentu. Dikembangkan khusus bagi pelanggan oleh kontraktor perangkat lunak. Contoh : Sistem untuk mendukung proses bisnis tertentu dan sistem kontrol lalu lintas udara.

Perbedaan penting antara tipe-tipe perangkat lunak :
a)      Pada produk generik, organisasi yang mengembangkan perangkat lunak mengontrol spesifikasi perangkat lunak.
b)      Pada produk pesanan, spesifikasi biasanya dikembangkan dan dikontrol oleh organisasi yang membeli perangkat lunak tersebut.

 2.  Biaya yang digunakan untuk pembuatan Software 



3.      Team yang terlibat meliputi :

a.       Coding: Membuat atau refactoring code
b.      Documentation: Membuat dan memperbaiki dokumentasi
c.       Outreach: Manajemen komunitas dan pemasaran
d.      Quality Assurance: Testing dan memastikan source code berkualitas tinggi
e.       Research: Mempelajari masalah tertentu dan memberikan alternatif solusi
f.       Training: Membantu yang lain untuk belajar
g.      Translation: Menerjemahkan perangkat lunak
h.      User interface: Meneliti respon pengguna atau mendesain antar muka
i.        Architect : perancangan dan struktur bagian-bagian aplikasi yang akan dibuat
j.        Designer : seseorang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman aplikasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini